ANDIK SAFANI'S BLOG

Jumat, 02 Oktober 2009

tugas statmat

STATISTIKA MATEMATIKA 1
PERTEMUAN 1
MATERI : TEORI PELUANG

LEMBAR KERJA MAHASISWA

2.1 PERMUTASI DAN KOMBINASI
Permutasi :
1. Dalam 1 RW terdapat 4 kandidat calon pengurus RW. Akan dipilih untuk menduduki jabatan sebagai ketua RW dan sekretaris. Banyak susunan pengurus yang mungkin terbentuk ada…. cara.
2. Berapa banyak cara sebuah regu bola basket dapat menjadwalkan 3 pertandingan dengan 3 regu lainnya bila semuanya bersedian pada 5 kemungkinan tanggal yang berbeda.
Permutasi berbeda dari r, s, t unsur yang sama.
1. Terdapat kartu bertuliskan huruf M, A, T, E, M, A, T, I, K, A. Kartu tersebut akan disusun kembali menjadi kata baru. Banyaknya susunan yang mungkin adalah …
2. Berapa banyak susunan yang berbeda bila kita ingin membuat sebuah rangkaian lampu hias untuk pohon natal dari 3 lampu merah, 4 lampu kuning dan 2 lampu biru ?

Permutasi Siklis
1. Suatu keluarga terdiri dari 4 orang, duduk melingkar ditepi api unggun. Banyaknya susunanmereka duduk yang mungkin ada …. cara.
2. Dalam pertemuan antar negara diketahui Cina mengirimkan 3 utusan, Indonesia 4 utusan, Belanda 3 utusan dan Jepang 5 utusan. Mereka mengadakan konferensi dengan duduk melingkar disebuah meja bundar. Tentukan banyak susunan mereka duduk jika :
a. boleh duduk terpisah antar negara.
b. delegasi dari negara yang sama harus saling berdampingan
c. Belanda dan indonesia harus saling berdampingan

Kombinasi
1. Dalam sebuah kotak terdapat 5 bola kuning dan 4 bola biru. Tentukan banyak cara mengambil 3 bola kuning dan 1 bola biru sekaligus.
2. Dari 4 orang anggota Partai Golkar dan 3 orang anggota Partai Demokrat. Hitung banyaknya komisi yang terdiri atas 3 orang dengan 2 orang dari Partai Golkar dan 1 orang dari Partai Demokrat yang dibentuk

2.2 Definisi Peluang Suatu Kejadian
Definisi klasik
1. Undian sebuah dadu bermuka enam menghasilkan 6 peristiwa yang saling asing sehingga N = 6. Jika E = muncul mata dadu 4 , maka n = 1. Jadi peluang muka bermata 4 adalah …

2. Tiga buah uang logam dilempar undi 1 kali. Tentukan peluang muncul paling sedikit 1 gambar.

3. Sebuah kotak terdapat 3 bola kuning, 4 bola biru dan 5 bola merah. Diambil 4 bola sekaligus. Berapakah peluang terambilnya paling sedikit 1bola merah dan 1 bola kuning?

Definisi secara empiris/ Metode frekuensi
1. Jika kita melempar sebuah koin sebanyak 1000 kali dan muncul gambar sebanyak 519 kali, tentukan probabilitasnya
2. Jika kita melempar sebuah koin sebanyak 2000 kali dan muncul gambar sebanyak 1020 kali, tentukan probabilitasnya
3. Jika kita melempar sebuah koin sebanyak 5000 kali dan muncul gambar sebanyak 2530 kali, tentukan probabilitasnya

2.3 Peluang Kejadian Majemuk
Peluang Kejadian Komplemen
1. Peluang suatu daerah terserang penyakit 0,87. Peluang tidak terserang penyakit ..?
2. Jumlah balita di suatu daerah 600 jiwa. Dari jumlah tersebut 450 diantaranya telah tervaksinasi. Tentukan peluang bayi terserang penyakit akibat tidak tervaksinasi!

Peluang gabungan
1. Dua buah dadu dilempar undi 1x, tentukan peluang muncul mata dadu genap atau mata dadu prima.
2. Tentukan peluang terambilnya kartu As atau kartu berwarna hitam, dari pengocokan 1 set kartu brigde.

Peluang Kejadian Saling Lepas
1. Dua buah dadu dilempar undi 1x, tentukan peluang muncul mata dadu 3 atau mata dadu 4.
2. Dari satu set kartu bridge, tentukan peluang terambilnya kartu bernomor ganjil dan kartu bernomor genap.

Peluang Kejadian saling bebas
1. Sebuah dadu dan sebuah uang logam dilempar undi 1x, tentukan peluang muncul mata dadu 6 dan sisi gambar pada uang logam.
2. Dalam satu kantong terdapat 6 bola kuning dan 4 bola biru. Diambil 3 bola sekaligus. Tentukan peluang terambilnya 2 bola kuning dan 1 bola biru!
3. Sebuah kota kecil memilih satu mobil pemadam kebakaran dan satu ambulans, peluang mobil kebakaran itu dapat digunakan pada saat diperlukan adalah 0,98 dan peluang ambulans tersedia waktu diperlukan adalah 0,92. Dalam hal terjadi kecelakaan akibat kebakaran, hitung peluang ambulans dan mobil pemadam kebakaran itu keduanya tersedia dan siap digunakan

Peluang bersyarat
1. Dalam satu kantong terdapat 6 bola kuning dan 4 bola biru. Diambil 2 bola berturut – turut tanpa dikembalikan. Tentukan peluang terambilnya bola biru pada pengambilan yang kedua jika pengambilan pertama berwarna kuning.
2. Peluang seorang dokter mendiagnosis suatu penyakit secara benar adalah 0,7. Bila diketahui dokter tersebut salah mendiagnosis, bahwa pasien akan menuntut ke pengadilan adalah 0,9. Berapa peluang dokter tersebut salah mendiagnosis dan pasien menuntutnya ?
3. Jika diketahui peluang bola biru setelah pengambilan merah adalah 0,6 dan peluang terambil bola merah 0,5, tentukan peluang terambil bola merah dan biru.

--00--